Sunday, March 17, 2019

Jenis Dan Karakteristik Kain Flanel (Penting untuk diketahui!)

Jenis Dan Karakteristik Kain Flanel (Penting untuk diketahui!)


Hai! Apa kabar sobat? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera ya!
Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai jenis dan karakteristik kain flanel.

Sebelum membahas lebih dalam tentang kain flanel, ada yang tahu? Apa sih kain flanel itu??
Kain flanel, menurut wikipedia, Flanel atau felt adalah jenis kain yang di buat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis, ini tergantung dari bahan pembuatannya itu sendiri.

Lalu, ada berapa jenis sih?? Bagaimana karakteristiknya? Atau ciri-cirinya??

Beberapa orang mungkin kesulitan dalam membedakan jenis mana kain flanel yang mereka gunakan, saya sendiri sempat mengalami hal demikian.
Ketika saya membuat sebuah kerajinan tangan berbahan dasar kain flanel, ada beberapa orang yang bertanya, kain flanel jenis apa yang saya gunakan? Padahal, saat itu saya hanya asal dalam membeli kain dan langsung eksekusi untuk membuat kerajinan tangan.
Nah, hal itu membuat saya ingin mencari tahu ada berapa banyak sih jenis kain flanel itu berikut karakteristiknya.

Nah, berikut merupakan jenis-jenis kain flanel yang ada berdasarkan bahan pembuatannya:

-Kain Flanel Akrilik (Acrylic Felt/Sintetic Felt)

(Flanel Akrilik/Acrylic Felt)

Adalah jenis kain flanel yang terbuat dari serat plastik/sintetis. Ternyata, jenis kain flanel ini lah yang sering sekali kita gunakan dalam membuat kerajinan tangan berbahan dasar flanel/felt. Selain mudah ditemukan, flanel jenis ini juga mudah dibentuk, seratnya yang tidak terlalu padat membuat kain flanel ini fleksibel dan tidak kaku.
Memang, masih ada beberapa jenis berdasarkan harga, di tiap-tiap daerah pasti harganya pun berbeda-beda. Pada umumnya, kain flanel akrilik dengan kualitas bagus dapat dilihat dari ketebalan dan seberapa mudah kain itu berbulu. Karena meskipun sama-sama flanel akrilik, jika kain tersebut tergolong tipis, maka dalam proses pembuatan kerajinan yang memerlukan proses tarik-menarik, kain flanel ini akan mudah sekali sobek, karena serat kain yang longgar dan tipis.


-Kain Flanel Bamboo/Eco Felt


(Flanel Bamboo/Eco Felt)

Kain flanel ini terbuat dari bahan bambu dan campuran serat kayu.
Eco Frienly adalah sebutan dari kain flanel jenis ini, karena bahan dasar pembuatannya yang alami sehingga mudah terurai. Namun, kain flanel jenis ini jarang sekali ditemukan di Indonesia.


-Kain Flanel Blend/Campuran


 (Flanel Blend/Wool Blend Felt)

Merupakan jenis kain flanel yang terbuat dari campuran dua bahan, yaitu wol domba dan rayon. Kain flanel ini memiliki banyak variasi warna, berserat padat dan tidak mudah melar. Beberapa orang menggunakan jenis kain flanel ini untuk membuat kerajinan tangan yang berukuran kecil karena sifatnya yang tidak melar serta padat. Kain flanel ini memiliki harga yang tergolong mahal dengan ukuran yang kecil.


-Kain Flanel 100% Wol/Wool

(100% Flanel Wol/Wool Felt)

Jenis kain flanel ini terbuat dari 100% wool tanpa adanya campuran bahan lain. Kain flanel ini lebih tebal dan berserat, sehingga tidak heran jika kain flanel jenis ini merupakan kain flanel yang termahal dari jenis kain flanel yang lain. Kain flanel ini juga jarang kita jumpai di Indonesia.


-Kain Flanel Polyester


(Flanel Polyester/Polyester Felt)

Jenis kain ini dari segi harga tidak jauh berbeda dengan kain flanel jenis akrilik, yang membedakannya adalah kain flanel polyester lebih licin saat disentuh dan sedikit mengkilap.



Nah, sudah tahu kan ada berapa jenis kain flanel menurut bahan dasar pembuatan beserta karakteristiknya??

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya yang akan masuk ke tutorial cara membuat bunga dari kain flanel. Jangan lewatkan ya...

No comments:

Post a Comment